Analisis Sistem Pengembangan Layanan Transportasi Online Terhadap Kepuasan Konsumen di Kota Kendari

  • La Ija STMIK Bina Bangsa Kendari
Keywords: Waktu Tepat Kualitas Pelayanan, Harga, Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana profil konsumen Go- Jek dan GrabCar di Kota Kendari, selain itu untuk mengetahui apakah ada perbedaan persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen Go-Jek dan GrabCar di Kota Kendari. Purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini. Data penelitian diperoleh dengan membagikan kuesioner penelitian tentang kualitas pelayanan, harga, dan kepuasan konsumen, kepada 50 responden atau lebih . Uji paired Sampel T-Test dan Uji Wilcoxon  adalah teknik analisis data dalam  penelitian ini dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistik . Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) mayoritas Pelanggan Go-Jek dan GrabCar di Kota Kendari adalah perempuan , usia 15-20 tahun, pendidikan  Menengah SMP, dan memiliki pekerjaan sebagai pelajar/mahasiswa, dan berpendapatan ≥ Rp 500.000 per bulan, (2) tidak terdapat perbedaan persepsi kualitas pelayanan Go-Jek dan GrabCar, (3) terdapat perbedaan persepsi harga Go-Jek dan GrabCar, (4) terdapat Perbandingan antara Pelayanan Go-Jek dan GrabCar di Kota Kendari.

References

[1] Kotler, Philip and Gary Armstrong. 2012. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Terjemahan Bob Sabran. Jakarta: Erlangs.

[2] Sugiyono. 2015. Metode Penelitian & pengembangan. Bandung. Alfabeta

[3] Ariningtyas, Yosi Arum. 2017.” Perbandingan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kebidanan pada Peserta Bpjs Dan Non Bpjs di ruang Nifas Rumah Sakit Umum Kediri Jawa timur”. Tesis. Universitas Aisyiyah Kediri

[4] Fandy, Tjiptono. (2011), Pemasaran Jasa. Malang: Bayu media Publishing.

[5] Kotler, Philip. Gary Armstrong, 2016. Principles of Marketing 15th Edition. England.Pearson

[6] Lupiyoadi, Rambat dan Hamdani, A. 2001. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba Empat

[7] Salim, H.A. Abbas. 2013. ManajemenTransportasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada (Rajawali Perss)

[8] Qory, Ayu Agustin. 2011 Analisis Perbandingan Kepuasan Wajib Pajak Terhadap
Kualitas Pelayanan Pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor di Kantor Samsat Kabupaten Karanganyar Dan Kabupaten Sragen Tahun 2010. Tesis. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

[9] Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2016. Marketing Management, Edition 15th Edition.England. Pearson.

[10] Kotler, Philip dan Kevin Keller. 2012. Marketing Management, Edition 14th New Jersey. Prentice Hall.
Published
2019-07-30
Section
Articles