##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Digital Twin Desa Tegaldlimo Pada Virtual Game Petualangan
Abstract
Pada penelitian ini hanya mencakup aspek fisik desa dan lingkungan sekitar Desa Tegaldlimo. Model Desa Tegaldlimo dirancang melalui penggunaan teknologi digital twin di Unreal Engine. Tujuan penelitian pada digital twin Desa Tegaldlimo pada virtual game petualangan ialah untuk mengembangkan sebuah map Desa yang menggunakan teknologi digital twin kemudian mempresentasikan kedalam bentuk virtual game dengan basis model Desa Tegaldlimo. Melalui rancangan ini digunakan untuk mempelajari dan mengenal desa tersebut dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Dalam proses pengembangan menggunakan berbagai macam metode, termasuk studi literatur, analisi perancangan, penerapan Digital Twin, penerapan map ke dalam bentuk game petualangan hingga selesai. Data – data Desa Tegaldlimo yang sudah terkumpul kemudian diimplementasikan kedalam Digital Twin melalui Unreal Engine yang hasilnya dapat dijalankan dengan cukup baik dan penataan pada isi map Desa Tegaldlimo. Berdasarkan pengujian yang dijalankan oleh partisipan memperoleh hasil sebesar 84,1% yang menunjukkan map yang diuji berhasil tanpa perlu revisi.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
S. Setyo Prayogo, A. Sofyan, E. S. Rochiyati Sastra Indonesia, F. Ilmu Budaya, and U. Jember Jln Kalimantan, “Penamaan Desa Dan Dusun di Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi (Kajian Etimologi dan Semantik) Villages Naming in Tegaldlimo Subdistrict Banyuwangi Regency (The Study of Etymology and Semantics),” 2016.
D. Jones, C. Snider, A. Nassehi, J. Yon, and B. Hicks, “Characterising the Digital Twin: A systematic literature review,” CIRP J Manuf Sci Technol, vol. 29, pp. 36–52, May 2020, doi: 10.1016/j.cirpj.2020.02.002.
Adi Permana, “Prof. Suhono Ungkap Manfaat Digital Twin di Berbagai Aspek,” Institut Teknologi Bandung, Oct. 18, 2021.
V. Naserentin, S. Somanath, O. Eleftheriou, and A. Logg, “Combining Open Source and Commercial Tools in Digital Twin for Cities Generation,” in IFAC-PapersOnLine, Elsevier B.V., Jul. 2022, pp. 185–189. doi: 10.1016/j.ifacol.2022.08.070.
E. Prasetyo and D. K. Ningtyas, “l. Teknik Cube Mapping Dengan Opengl.”
D. A. Fadli Setyo Pratama, “Analisis Dan Pembuatan Texture Maps Pada 3D Modeling Environment Dalam Game Robot Invasion Menggunakan Unreal Engine,” Analisis Dan Pembuatan Texture Maps Pada 3d Modeling Environment Dalam Game Robot Invasion Menggunakan Unreal Engine, pp. 1–6, 2015.
F. K. Fresy Nugroho, “Permainan Bergenre Petualangan (Adventure Game) Berbasis Android Dengan Konten Pembelajaran Huruf Hijaiyah/Bahasa Arab Fresy Nugroho (1) , Fachrul Kurniawan (2),” 2017. Accessed: Apr. 05, 2023. [Online]. Available: http://repository.uin-malang.ac.id/1772
A. Fauzan, N. H. Safaat, and M. Irsyad, “Pengembangan Game Action Sejarah Kerajaan Siak Sri Indrapura Bergenre Role Play Game”.
Najmaa Shiba, “ Unreal Engine, Teknologi untuk Masa Depan Game dan Film di Indonesia,” IDS STMIK Indo Daya Suvana.