##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rancangan dan Simulasi Vending Machine Pembuatan Teh Otomatis Berbasis Arduino Uno R3 dengan Simulator Proteus 8

Abstract

Vending machine merupakan suatu sistem penjualan secara otomatis yang merupakan suatu pengembangan dalam dunia teknologi, vending machine banyak diterapkan di penjualan makanan dan minuman di negara maju di dunia. Penelitian ini menggunakan vending machine sebagai konsep rancangan sistem yang dibangun untuk melakukan pembuatan minuman teh. Vending machine dalam hal ini akan berfungsi mempermudah suatu pekerjaan sehingga pengguna dapat meracik teh secara otomatis. Sistem ini menggunakan pusat kendali Arduino Uno R3 dan untuk komponen pengaliran teh tersebut menggunakan Water Pump 5V. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil uji sebagai berikut. Sistem vending machine bekerja dengan 5 variasi rasa, setelah dilakukan 7 kali percobaan didapatkan hasil yakni sistem memiliki tingkat akurasi sebesar 100% dimana sistem bekerja sesuai dengan sebagaimana mestinya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem ini bekerja dengan prinsip vending machine dan membuat minuman teh dengan 5 varian rasa. Setelah dilakukan pengujian, didapatkan hasil sistem bekerja dengan sesuai.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
T. R. Hendrosusanto, H. Siswono, and M. Lamsani, “Rancangan dan Simulasi Vending Machine Pembuatan Teh Otomatis Berbasis Arduino Uno R3 dengan Simulator Proteus 8”, simkom, vol. 9, no. 1, pp. 59-66, Jan. 2024.

References

D. Manumono and Listiyani, “Kajian Perkembangan Teh di Indonesia,” AGRIFITIA : Journal of Agribusiness Plantation, vol. 2, no. 2, pp. 133–146, Jan. 2023, doi: 10.55180/aft.v2i2.281.

A. S. Maulana, H. N. Azizah, and K. C. Kirana, “Implementasi Finite State Automata (Fsa) Dengan Simulasi Vending Machine Pada Aplikasi Android,” Jurnal Edukasi Elektro, vol. 3, no. 2, pp. 110–120, 2019, [Online]. Available: http://journal.uny.ac.id/index.php/jee/

M. B. Arifudin, Y. Mulyani, and W. E. Sulistiono, “Simulasi Smart Vending Machine Minuman Kopi Dengan NFA Berbasis Android,” Jurnal Informatika dan Teknik Elektro Terapan, vol. 11, no. 1, Jan. 2023, doi: 10.23960/jitet.v11i1.2803.

A. Prasetya, V. Piarsa, I. N. Arsa, and D. M. Sri, “Rancang Bangun Prototipe Sistem Monitoring Vending Machine Berbasis Internet Of Things,” Jusikom :Jurnal Sistem Komputer Musirawas, vol. 6, no. 1, pp. 9–22, Jun. 2021.

V. M. Alkautsar and I. Husnaini, “Perancangan Vending machine Menggunakan Uang Kertas Berbasis Arduino,” Jurnal Teknik Elektro Indonesia, vol. 2, no. 2, pp. 142–147, 2021.

M. Abdullah, W. Gata, J. L. Putra, H. B. Novitasari, and S. Rahayu, “Desain Vending machine dengan Penerapan Finite State Automata Overview Methods,” Jurnal Algoritma, vol. 19, no. 1, pp. 342–348, 2022, [Online]. Available: https://jurnal.itg.ac.id/

S. P. Santoso and F. Wijayanto, “Rancang Bangun Akses Pintu Dengan Sensor Suhu Dan Handsanitizer Otomatis Berbasis Arduino,” Jurnal Elektro, vol. 10, no. 1, pp. 20–31, 2022.

Novidiyanto and Sutyawan, “Chemical Characteristic of Green Tea ‘Tayu’ from Bangka Belitung Province and Green Tea of Commersial,” Jurnal Gizi dan Kesehatan (JGK), vol. 2, no. 1, pp. 74–81, Jun. 2022, doi: 10.36086/jgk.v2i1.

S. Nirwan and H. MS, “Rancang Bangun Aplikasi Untuk Prototipe Sistem Monitoring Konsumsi Energi Listrik Pada Peralatan Elektronik Berbasis PZEM-004T,” Jurnal Teknik Informatika, vol. 12, no. 2, pp. 22–28, Apr. 2020.

S. Z. Gunawan, A. B. Kaswar, M. Yantahin, Masikki, and A. Dewa Rusanda, “Perancangan Sistem Vending machine Berbasis E-Money,” in Membangun Negeri dengan Inovasi tiada Henti Melalui Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Makassar: LP2M-Universitas Negeri Makassar, 2022, pp. 2248–2263.