##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Analisis Kepuasaan Pengguna Aplikasi MyTelkomsel Menggunakan Metode System Usability Scale
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tanggapan pengguna lama dan baru terhadap aplikasi Mytelkomsel berdasarkan data kepuasan pelanggan. Melalui pengumpulan dan analisis data kepuasan pelanggan, penelitian ini mengidentifikasi perbedaan persepsi serta pengalaman antara pengguna lama dan pengguna baru dalam memakai software Mytelkomsel. Penelitian ini juga menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna lama dan baru serta menyampaikan rekomendasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi Mytelkomsel. Metode yang digunakan dimulai dari studi literatur, Usability Testing dari persiapan pengujian, analisis dan pembahasan dari kuesioner serta wawancara. Hasil penelitian ini bisa memberikan wawasan berharga bagi Mytelkomsel dalam memahami kebutuhan dan harapan pengguna lama dan baru serta mengoptimalkan penggunaan aplikasi mereka.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
A. Nabila Irvhan, S. Hadi Wijoyo, and A. R. Perdanakusuma, “Analisis Value terhadap Minat Penggunaan MyTelkomsel menggunakan Consumption Value Model,” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
H. Wa’dah, I. Meilina, S. D. Safitri, T. Patrianti, M. Universitas, and M. Jakarta, “Analisis Manajemen Reputasi Online Telkomsel Terkait Keluhan Pelanggan Pada Platform Digital,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, Februari, vol. 2023, no. 3, pp. 184–191, doi: 10.5281/zenodo.7613755.
S. Prayoginingsih and R. P. Kusumawardani, “Klasifikasi Data Twitter Pelanggan Berdasarkan Kategori myTelkomsel Menggunakan Metode Support Vector Machine (SVM),” Sisfo, vol. 07, no. 02, Jan. 2018, doi: 10.24089/j.sisfo.2018.01.002.
A. Widyastuti et al., “Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Paket Data Internet Telkomsel (Studi Kasus: Mahasiswa Prodi Manajemen, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Medan),” vol. 2, no. 2, pp. 2548–2564.
W. A. Pramono, H. Muslimah Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability pada Aplikasi MyTelkomsel dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
A. A. Wahid, “Analisis Usability pada Aplikasi MyTelkomsel Berdasarkan Nielsen Model,” Jurnal Ilmu-ilmu Informatika dan Manajemen STMIK, 2019.
Y. Mz, “Evaluasi Penggunaan Website Universitas Janabadra Dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” Jurnal Informasi Interaktif, vol. 1, no. 1, 2016.
K. T. Nugroho, B. Julianto, and D. F. Nur MS, “Usability Testing pada Sistem Informasi Manajemen AKN Pacitan Menggunakan Metode System Usability Scale,” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), vol. 11, no. 1, p. 74, Apr. 2022, doi: 10.23887/janapati.v11i1.43209.
F. A. Laksono, S. Hadi Wijoyo, and A. R. Perdanakusuma, “Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pengguna MyTelkomsel Dengan Menggunakan Model E-Service Quality dan E-Recovery Service Quality (Studi Kasus : Pengguna Aplikasi MyTelkomsel Malang),” 2020. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
W. A. Pramono, H. Muslimah Az-Zahra, and R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Usability pada Aplikasi MyTelkomsel dengan Menggunakan Metode Usability Testing,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id