##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Merancang Media Pembelajaran Berbasis Web Menggunakan Aplikasi Dreamweaver Pada SMAN 1 Kapoiala
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran berbasis web untuk mempermudah kegiatan belajar dan menyajikan materi yang interaktif agar dapat meningkatkan minat siswa/i dalam belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SMAN 1 Kapoiala. Aplikasi yang digunakan untuk merancang media pembelajaran adalah dreamweaver dan selanjutnya dilakukan uji kelayakan oleh ahli media sebanyak 2 orang, ahli materi sebanyak 2 orang serta uji coba dilakukan kepada siswa sebanyak 20 orang. Hasil uji kelayakan berdasarkan penilaian oleh ahli media ditinjau dari aspek usability, functionality, dan komunikasi visual didapat rerata persentase kelayakan yaitu 88,75% dengan kategori Sangat Layak. Hasil uji kelayakan oleh ahli materi ditinjau dari aspek desain pembelajaran, isi materi, bahasa dan komunikasi didapat rerata persentase kelayakan yaitu 85,00% dengan kategori Sangat Layak, dan hasil penilaian oleh siswa berdasarkan aspek usability didapat rerata persentase kelayakan yaitu 79,33% dengan kategori Sangat Layak
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
References
Rusman,Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21, Bandung: Alfabeta, 2012.
Bunapit, Ahmad, Cara Mudah Belajar Internet Home Site dan HTML, Jakarta: Penerbit Dinastindo, 2008.
Rusman, Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Jakarta: CV. Rajawali, 2013.
Hidayatullah, Priyanto, Pemrograman Web, Bandung: Informatika Bandung, 2014.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2010.