##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Analisis Performa Website Universitas Teuku Umar Dan Universitas Samudera Menggunakan Pingdom Tools Dan Gtmetrix

Abstract

Waktu loading dan kecepatan akses sebuah website memang perlu untuk diperhatikan, web developer sebisa mungkin harus berupaya untuk selalu meningkatkan kecepatan websitenya demi kenyamanan pengunjung. Terlebih dalam dunia pendidikan, website perguruan tinggi menjadi sangat penting mengingat kebutuhan mahasiswa dalam bertransaksi akademik. Maka dari itu performa website pada perguruan tinggi harus menjadi perhatian masing-masing perguruan tinggi dikarenakan salah satu peranan penting website dalam menunjang kegiatan akademiknya di perguruan tinggi. Evaluasi kualitas website dilakukan untuk mengetahui kualitas kecepatan performance website menggunakan Gtmetrix dan Pingdom Tools. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menyajikan perbandingan performa website Universitas Teuku Umar dan Universitas Samudera. Berdasarkan hasil pengujian website menggunakan Gtmatrix pada Universitas Teuku Umar diperoleh rata-rata Page Speed Score 27% atau di grade E. dan rata-rata YSlow Score  60% atau di grade D. Sedangkan hasil pengujian website Universitas Samudera diperoleh rata-rata Page Speed Score 54% atau di grade E. dan rata-rata YSlow Score  65% atau di grade D. Perbandingan pengukuran menggunakan Pingdom tools pada Universitas Teuku Umar hasil performance grade 69 atau di grade D dengan page size 29.0 MB sedangkan pada Universitas Samudera performance grade 67 atau di grade D dengan page size 5.0 MB.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
Suliman, “Analisis Performa Website Universitas Teuku Umar Dan Universitas Samudera Menggunakan Pingdom Tools Dan Gtmetrix”, simkom, vol. 5, no. 1, pp. 24-32, Jan. 2020.

References

K. Aryadana. Pandangan Kualitas Website menurut Search Engine. [Online]. Available at: http://www. promosi.web.com/hot/news011003.php [Diakses 10 Desember 2016].

The Free Dictionary. (2017). The Free Dictionary. Diakses pada tanggal 17 Maret 2017 dari http://www.thefreedictionary.com/Website /.

Dominic, P. D. D., Jati, H., & Kanibarian, G. (2010). Performance evaluation on quality of Asian e-government websites – an AHP approach. International Jurnal Business Information Systems, 6 (2), 219-239.

Ginanjar Taufiq. (2014). “Rahasia Membangun Website Toko Online Berpenghasilan Jutaan Rupiah”. Bandung: Iffahmedia.

Sukhpuneet Kaur,Kulwant Kaur, PhD, Parminder Kaur, PhD (2016) An Empirical Performance Evuluation of Universities Website International journal of Computer Applications (0975-8887) Volume 146 No.15

Putra, C. A. (2014). Mengukur Kecepatan dan kualitas Website dengan GTMetrix. Diambil kembali dari www.candra.web.id: http://www.candra.web.id/

Anon. 2010. Makalah observasi http://www.scribd.com/doc/39320404/makalah-observasi. (12 januari 2013; 13:20 WIB).