Perancangan Alat Pengontrol Ketinggian Air Dan Penyiraman Tanaman Secara Otomatis Berbasis Arduino Pada Media Tanam Hidroponik

##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rahmat Inggi
Rizal

Abstract

Alat Pengontrol Ketinggian Air dan Penyitaman Tanaman Secara Otomatis Berbasis Arduino pada Media Tanam Hidroponik dengan Studi Kasus Rumah Hidroponik di Kota Kendari adalah alat yang dibuat untuk memudahkan petani hidroponik khususnya pada Rumah Hidroponik Kendari, untuk mengontrol kondisi ketinggian air dan penyiraman tanaman pada wadah tanaman hidroponik. Apabila ketinggian air 5 – 30 cm yang disesuaikan dengan ukuran wadah tanaman hidroponik alat tidak akan menyiram dan apabila ketinggian air di bawah 5 cm maka alat akan melakukan penyiraman tanaman. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang alat pengontrol ketinggian air dan penyiraman tanaman secara otomatis berbasis Arduino pada media tanam hidroponik serta menguji alat pengontrol ketinggian air dan penyiraman tanaman secara otomatis berbasis Arduino pada media tanam hidroponik. Metode penelitian yang digunakan, penelitian  kuantitatif. Penelitian kuantitatif yang dilakukan adalah metode penelitian eksperimental. Dengan melakukan pengujian terhadap variabel-variabel kontrol untuk menganalisis keluaran yang dihasilkan. Dengan menggunakan pengujian black box maka hasil pengujian menunjukkan bahwa alat pengontrol ketinggian air dan penyiraman tanaman secara otomatis berbasis arduino pada media tanam hidroponik mampu berjalan dengan baik dari segi logika dan fungsi sehingga dapat diimplementasikan berdasarkan tujuannya.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
R. Inggi and Rizal, “Perancangan Alat Pengontrol Ketinggian Air Dan Penyiraman Tanaman Secara Otomatis Berbasis Arduino Pada Media Tanam Hidroponik”, simkom, vol. 5, no. 2, pp. 28-34, Jul. 2020.

References

[1] I. S. Roidah, “Pemanfaatan Lahan Dengan Menggunakan Sistem Hidroponik,” vol. 1, no. 2, pp. 43–50, 2014.

[2] Pamungkas, “Evaluasi Kinerja Jaringan Irigasi Hidroponik Dengan Sistem Deep Flow Technique (DFT) Untuk Budidaya Kangkung Darat (Ipoemea reptans Poir),” Institut Pertanian Bogor, 2004.

[3] W. M. F. Hidayat, Mudah Belajar Mikrokontroler ARDUINO, Informatik., no. October. Bandung: Informatika Bandung, 2017.

[4] R. Salahudin, “Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat Lunak (Terstruktur dan Berorientasi Objek,” no. June, 2011.

[5] R. Inggi, B. Sugiantoro, and Y. Prayudi, “Penerapan System Developmen Life Cycle (SDLC) Dalam Mengembangkan Framework Audio Forensik,” semanTIK, vol. 4, no. 2, 2018.