##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Perancangan Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Sensor MQ-2 Berbasis Arduino

Abstract

Saat ini penggunaan gas LPG memang sangat berpengaruh besar pada masayrakat bahkan hampir seluruh masyarakat Indoneisia menggunakan Gas LPG untuk kebutuhan sehari-hari sebagai alat memasak.  Dari penggunaanya yang sangat membantu dan ramah lingkungan  ada juga resiko dan masalah yang bisa mengakibatkan kebakaran akibat kebocorann tabung Gas LPG, saat ini banyak kebakaran yang terjadi akibat kebocoran Gas LPG. Perancangan alat pendeteksi kebocoran gas LPG menggunakan sensor MQ-2 berbasis arduino,  Alat ini dapat  mendeteksi gas yang bocor dan secara otomatis juga akan memberikan infor masih lewat tampilan di layar LCD, bunyi Buzzer sebagi alarm, dan Mengirimkan SMS ke nomor HP yang di input  pada program. Alat ini di rancang untuk mengurangi kebakran akibat kebocoran tabung Gas LPG yang sering terjadi dan juga sebagai solusi yang untuk mencegah kerugian akibat kebakaran tabung Gas LPG dan juga untuk mencegah koban jiwa akibat kebakaran karena kebocoran tabung gas LPG. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan alat ini dengan mebuat aplikasi Smartphone Android untuk kendali sensor gas LPG jarak jauh.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
R. Inggi and J. Pangala, “Perancangan Alat Pendeteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Sensor MQ-2 Berbasis Arduino”, simkom, vol. 6, no. 1, pp. 12-22, Jan. 2021.

References

Widyanto; beni Erlansya h, “Merancang Bangunan Elpiji Bebasis Arduino.” Universitas Bina Darma Palembang, Palembang, 2004.

Lucky; Putra Yuditia, “Modul Latihan Mikrokontroler Arduinon Untuk Megontrol Suhu Ruangan Dengan Menggunakan Sensor Suhu Kipas Crystal Display,” Universitas Marcu Buana Jakarta, 2003.

Wicaksono Mochamad Fajar; Hidayat., Mudah Belajar Mikrokontroler Arduino. Bandung: Informatika Bandung, 2007.

O. Ruli, “Alat Pendeteksi Kebocoran gas LPG Dengan SensorTGS2610 Berbasis Mikrikontroler ATmega8535,” Universitas Negeri Jakarta, 2011.

Pertamina, “Buku Pintar Petunjuk Aman Penggunaan Elpiji 3 Kg Pertamina.” Pertamina, Jakarta, 2007.