##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rancang Bangun Kamus Digital Dramaturgi Teater Berbasis Android

Abstract

Teater berkembang dengan baik di Indonesia sebagai sebuah karya seni, dan teater biasanya disebut sebagai drama. Untuk menyajikan pertunjukan yang berkesan, lakon dapat dilihat sebagai salah satu bentuk seni sastra, tetapi tentu saja harus memahami teknik dan metode untuk melakukan, termasuk dramaturgi dan hukum yang ada di atas panggung. Dramaturgi penting karena dapat meningkatkan kinerja seniman. Penelitian ini akan membuat kamus digital yang dapat membantu seniman belajar tentang dramaturgi. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan prosedur prototipe. Penyelidikan ini dilakukan dengan mempelajari literatur yang berkaitan dengan teori media pembelajaran dan jenis-jenis pengembangan aplikasi berbasis Android. Metode black box digunakan untuk menguji aplikasi ini. Hasil penelitian berupa Aplikasi Kamus Digital Berbasis Dramaturgi Android. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dikembangkan untuk mengajarkan para pelaku seni memahami istilah-istilah penulis naskah. Dimungkinkan juga untuk menggunakan aplikasi.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
A. Tejawati, M. B. Firdaus, F. Yamani, and M. K. Anam, “Rancang Bangun Kamus Digital Dramaturgi Teater Berbasis Android”, simkom, vol. 6, no. 2, pp. 75-82, Jul. 2021.

References

Y. Tresnawati, M. Rahayu, and M. Husen, “Tinder and Impact on Personal and Social Life,” vol. 219, no. Icpc, 2019, doi: 10.2991/icpc-18.2019.19.

V. Versigny, “Memahami Impression Management pada Selebsmule,” J. Egaliter, 2018.

A. S. Helm, “Organizational User Participation : From Dramaturgy to Pedagogy in working with vulnerable young people A Bio-psycho-social perspective,” pp. 206–214, 2017.

R. A. Shofiana and Juariyah, “Impression Management Pengguna Aplikasi Tik Tok (Analisis Dramaturgi Erving Goffman Bagi Siswa SMA/SMK di Kecamatan Ambulu),” J. Fisipol, 2019.

R. Dewi and P. A. Janitra, “Dramaturgi Dalam Media Sosial: Second Account di Instagram Sebagai Alter Ego,” J. Ilmu Komun., vol. 8, no. 3, pp. 340–347, 2018.

A. W. Anindhita., “Dramaturgi Dibalik Kehidupan Social Climber,” J. Komun. dan Bisnis, vol. VI, no. 1, pp. 1–11, 2018.

P. E. Haes and N. I. Pratiwi, “Pagelaran Budaya Jepang Cosplayer Dalam Perspektif Dramaturgi,” J. Educ. Hum. Soc. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 245–253, 2019, doi: 10.34007/jehss.v2i2.90.

J. K. Wardhani, “Dramaturgi Ludruk Karya Budaya Mojokerto Jawa Timur Lakon Sarip Tambak Oso,” J. Satwika, vol. 3, no. 1, p. 27, 2019, doi: 10.22219/satwika.vol3.no1.27-42.

M. B. Firdaus, E. Budiman, Haviluddin, M. Wati, H. J. Setyadi, and H. S. Pakpahan, “An openness of government website content using text analysis method,” Int. J. Eng. Adv. Technol., vol. 8, no. 5, pp. 1461–1466, 2019, doi: 10.35940/ijeat.E1214.0585C19.

M. B. Firdaus, E. Budiman, M. F. Anshori, J. Teknologi, and U. Mulawarman, “Evaluasi Skema Panduan Game Berbasis Motion Graphic Animation Pada Esports Bergenre Multiplayer Online Battle Arena,” JURTI Univ. Mulawarman, vol. 4, no. 1, p. 36, 2020.

M. Kristian, I. Fitri, and A. Gunaryati, “Implementation of Augmented Reality for Introduction To Android Based Mammalian Animals Using The Marker Based Tracking Method,” JISA(Jurnal Inform. dan Sains), vol. 3, no. 1, pp. 1–6, 2020, doi: 10.31326/jisa.v3i1.623.

M. B. Firdaus, “Pengembangan Alat Ukur Keterbukaan Informasi Publik pada Situs Web Pemerintah Studi Kasus Kabupaten Kutai Kartanegara,” J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 3, no. 1, pp. 7–13, 2017.

N. Leelawat, A. Suppasri, P. Latcharote, Y. Abe, K. Sugiyasu, and F. Imamura, “Tsunami evacuation experiment using a mobile application: A design science approach,” Int. J. Disaster Risk Reduct., 2017, doi: 10.1016/j.ijdrr.2017.06.014.

M. B. Firdaus, E. Budiman, joan angelina Widians, novel maringan Sinaga, S. Fadli, and F. Alameka, “Augmented Reality for Office and Basic Programming Laboratory Peripheral,” 2018 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 41–45, 2018.

N. Dengen, H. S. Pakpahan, G. F. Putra, M. B. Firdaus, R. Wardhana, and A. Tejawati, “An Augmented Reality Model Physical Transformation Learning,” ICEEIE 2019 - Int. Conf. Electr. Electron. Inf. Eng. Emerg. Innov. Technol. Sustain. Futur., pp. 255–259, 2019, doi: 10.1109/ICEEIE47180.2019.8981444.

D. Karim and H. B. Santoso, “Perancangan Dan Usability Evaluation Prototipe Informasi Akademik Menggunakan Metode Rapid Application Development,” J. Ilm. Ilk. - Ilmu Komput. Inform., vol. 2, no. 2, pp. 68–79, 2019, doi: 10.47324/ilkominfo.v2i2.33.

A. Tejawati, M. B. Firdaus, M. N. Ihwan, F. Alameka, and M. K. Anam, “Prototipe Media Pembelajaran Rambu Lalu Lintas Berbasis Android,” Metik J., vol. 5, no. 1, pp. 12–18, 2021, doi: 10.47002/metik.v5i1.210.

R. Spicer, J. Anglin, D. M. Krum, and S. L. Liew, “REINVENT: A low-cost, virtual reality brain-computer interface for severe stroke upper limb motor recovery,” Proc. - IEEE Virtual Real., pp. 385–386, 2017, doi: 10.1109/VR.2017.7892338.

C. H. Tsai and J. Y. Huang, “Augmented reality display based on user behavior,” Comput. Stand. Interfaces, vol. 55, pp. 171–181, 2018, doi: 10.1016/j.csi.2017.08.003.

H. Ro, J. H. Byun, I. Kim, Y. J. Park, K. Kim, and T. D. Han, “Projection-Based Augmented Reality Robot Prototype with Human-Awareness,” ACM/IEEE Int. Conf. Human-Robot Interact., vol. 2019-March, pp. 598–599, 2019, doi: 10.1109/HRI.2019.8673173.

M. B. Firdaus, N. Puspitasari, E. Budiman, J. A. Widians, and N. Bayti, “Analysis of the effect of quality mulawarman university language center websites on user satisfaction using the webqual 4.0 method,” Proc. ICAITI 2019 - 2nd Int. Conf. Appl. Inf. Technol. Innov. Explor. Futur. Technol. Appl. Inf. Technol. Innov., pp. 126–132, 2019, doi: 10.1109/ICAITI48442.2019.8982143.

A. Fazel and A. Izadi, “An interactive augmented reality tool for constructing free-form modular surfaces,” Autom. Constr., vol. 85, no. October 2016, pp. 135–145, 2018, doi: 10.1016/j.autcon.2017.10.015.

B. Cahyono, M. B. Firdaus, E. Budiman, and M. Wati, “Augmented Reality Applied to Geometry Education,” 2018 2nd East Indones. Conf. Comput. Inf. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 299–303, 2018.

A. Tejawati, E. K. Pradana, M. B. Firdaus, F. Suandi, L. Lathifah, and M. K. Anam, “Pengembangan Video Dokumenter ‘Wanita Dan Informatika’ Di Lingkungan Fkti Universitas Mulawarman,” J. Inform. dan Rekayasa Elektron., vol. 2, no. 2, p. 72, 2019, doi: 10.36595/jire.v2i2.121.

N. Puspitasari, M. B. Firdaus, C. A. Haris, and H. J. Setyadi, “An application of the UTAUT model for analysis of adoption of integrated license service information system,” Procedia Comput. Sci., vol. 161, pp. 57–65, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.11.099.