##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Perancangan User Interface (UI) & User Experience (UX) Aplikasi SI Presensi Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thingking
Abstract
Program Studi Sistem Informasi Universitas Mulawarman melakukan presensi pada setiap mata kuliah yang menggunakan SIPLO. Terdapat beberapa kendala yang dirasakan ketika menggunakan SIPLO. Hal ini dibuktikan dengan wawancara yang dilakukan dengan beberapa mahasiswa dan dosen prodi Sistem Informasi yang menggunakan SIPLO. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi 'SI Presensi' berbasis mobile dengan menggunakan metode Design Thinking, yang terdiri dari lima tahapan: Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dengan pengguna potensial dan analisis kompetitor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rancangan aplikasi yang dihasilkan mampu memenuhi kebutuhan pengguna serta menyelesaikan masalah yang dihadapi terkait presensi. Validitas desain ini didukung oleh hasil skor SUS (System Usability Scale) rata-rata sebesar 79,4, yang dikategorikan sebagai "Baik". Temuan ini juga menegaskan bahwa metode Design Thinking efektif dalam menciptakan solusi desain yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan aplikasi mobile khususnya di bidang sistem informasi akademik.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
[2] I. Cetak and I. Online, “DECODE : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Analysis During The Covid-19 Pandemic In,” vol. 3, no. 2, pp. 193–204, 2023.
[3] C. Z. Alrazi and A. Rachman, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Model Perancangan Animasi Periklanan Digital Pencegahan Covid-19 Pendahuluan,” vol. 14, no. 2, pp. 190–202, 2021.
[4] I. Rochmawati, “Analisis User Interface Situs Web Iwearup . Com Iwearup . Com User Interface Analysis,” 2019.
[5] R. D. Munthe, K. C. Brata, and L. Fanani, “Analisis User Experience Aplikasi Mobile Facebook ( Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya ),” vol. 2, no. 7, pp. 2679–2688, 2018.
[6] A. M. Denasfi, “Perancangan User Interface dan User Experience Situs Web Aplikasi Traveling ‘ ANGLO ’ dengan Metode Design Thinking,” 2020.
[7] P. Design, P. Ui, U. X. Aplikasi, and R. Restoran, “Perancangan design prototype ui/ux aplikasi reservasi restoran dengan menggunakan metode design thinking,” vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023.
[8] D. T. Widiatmoko et al., “Perancangan UI / UX Purwarupa Aplikasi Penentu Kualitas Benih Bunga Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking ( Studi Kasus PT Selektani ) vol 19, no. 1, pp. 120–136, 2022.
[9] I. P. Sari, A. H. Kartina, and A. M. Pratiwi, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus UPI Cibiru,” vol. 2, no. 1, pp. 45–55, 2020.
[10] D. Made, D. Utami, and A. M. Dirgayusari, “Usability Testing Website Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale ( Sus ) s,” vol. 4, no. August, pp. 152–161, 2020.