##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Evaluasi Layanan Dinas Komdigi Kota Gorontalo Mengacu Pada Framework ITIL Versi 3 Domain Service Operation
Abstract
Penelitian ini bertujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi kinerja proses Service Operation berdasarkan kerangka kerja ITIL v3 di Dinas Komdigi Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui kuesioner. Instrumen diuji validitas dan reliabilitasnya, dan seluruh item dinyatakan valid serta reliabel. Hasil analisis menunjukkan bahwa tujuh dari sembilan subdomain berada pada maturity level Defined (Level 3), dan dua subdomain lainnya IT Operations Management dan Technical Management berada pada level Managed (Level 4). Nilai rata-rata keseluruhan adalah 3,39, yang menunjukkan bahwa sebagian besar proses telah distandarkan dan terdokumentasi, namun belum seluruhnya dikelola secara kuantitatif. Temuan ini menjadi dasar untuk rekomendasi perbaikan yang diarahkan pada penguatan pengukuran kinerja, monitoring otomatis, serta penerapan perbaikan berkelanjutan.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
T. D. Susanto, Sukses Mengelola Layanan Teknologi Informasi & Kiat Lulus Ujian Sertifikasi ITIL Foundation. Yogyakarta: Asosiasi Sistem Informasi Indonesia (AISINDO), 2017.
K. P. Sholekha, N. Dwi, Y. Akhmarullah, A. D. Ramadhan, and H. Setiawan, “Optimizing IT Service Strategies : A Performance Assessment through ITIL V3 in PT XYZ IT Operations Division,” vol. 6, no. 4, pp. 169–180, 2023.
H. K. Ibrahim and I. I. Hamarash, “Developing IT Service Management in Higher Education Institutions: A Case Study of ITIL Implementation in Universities in the Kurdistan Region of Iraq,” no. October, pp. 30–31, 2024.
D. Krismayanti and T. Sutabri, “Analisis IT Service Management ( ITSM ) Pada Layanan Administrasi,” vol. 1, no. 3, pp. 190–195, 2023.
J. S. Prayogo, P. A. Alia, A. T. Setyadi, and A. B. Setyawan, “Literature Review : Manajemen Layanan Teknologi Informasi Dengan Framework Information Technology Infrastructure Library ( ITIL ) di Indonesia,” vol. 1, no. 2, pp. 154–158, 2023.
M. I. Alhari, P. H. Safitri, A. M. Amri, and A. Ramadan, “Analisa Kematangan Manajemen Layanan Teknologi Informasi Dengan Standar Information Technology Infrastructure Library ( ITIL V3 ): Studi Kasus Pengadilan Negeri Bondowoso,” vol. 18, no. 02, pp. 50–57, 2024.
I. Setiana, R. A. Fatah, E. Susanti, C. Rizal, and P. E. Nugoroho, “Analisis Pengelolaan Layanan Teknologi Informasi dengan Basis Kerangka Kerja Information Technology Infrastructure Library ( ITIL ) V3 di Universitas Amikom Purwokerto,” vol. 6, no. 1, pp. 14–20, 2024.
M. A. Rachmania, T. Kristanto, and A. Kusumawati, “Pengukuran tingkat kematangan layanan teknologi informasi pada layanan aplikasi xyz mobile menggunakan framework itil v3 domain service operation (studi kasus: pt abc),” vol. 10, no. 2, pp. 1244–1255, 2025.
I. Ruswita, “Analisis Kematangan Layanan Teknologi Informasi Hotel Menggunakan ITIL V . 3 Framework Maturity Analysis Of Hotel Information Technology Services Using ITIL V . 3 Framework,” vol. 13, no. 1, pp. 1–8, 2023.
I. Ghozali, “Reliabilitas Instrumen dengan Cronbach’s Alpha,” in Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, 9th ed., Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018, ch. 2, p. 46.