##plugins.themes.academic_pro.article.main##
Analisis Tingkat Kesuksesan Layanan Mobile Banking Dengan Model Delone dan MClean Pada Bank Panin
Abstract
Perbankan melakukan digitalisasi dengan meluncurkan aplikasi mobile banking, dimana dengan adanya mobile banking dapat diharapkan memudahkan pengguna dalam melakukan transaksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model kesuksesan model Delone dan Mclean yang terdiri dari variabel kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, pengguna, kepuasaaan pengguna dan manfaat bersih dalam mobile banking. Metode peneltian yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode judgment sampling. Populasi yang dituju merupakan nasabah panin bank yang menggunakan layanan mobile banking.Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan SEM dengan pendekatan PLS dan menggunakan software SmartPLS 3.0. Hasil Penelitian menunjukan hasil yang diperoleh bahwa dari 9 hipotesis terdapat 5 hipotesis yang diterima, sedangkan 4 hipotesis ditolak.
##plugins.themes.academic_pro.article.details##
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
References
M. Damabi, M. Firoozbakht, and A. Ahmadyan, “A model for Customer Satisfaction and Trust for Mobile Banking Using DeLone and McLean Model of Information System Success,” vol. 5, no. 3, 2018.
A. A. Purwanti, Z. Mustafa and M. M. Deli, “Management Infromation System In Evaluation of BCA Mobile Using Delone and Mclean Model,” vol. 2, no. 70-77, 2021.
A. Kadir, Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta : Andi, 2014.
M.B. Effendi, “Analysis of Accounting Information System With Non-Liner SEM-PLS.” vol. 96, no. 22, 2018.
A. A. Sultan, el, “Factors Influencing the Adoption of Mobile Banking Service among Cihan Bank Customers in the Kurdistan Region of Iraq,” vol. 27, no. 1, 2019.
Vyctoria, Bongkar Rahasia E-Banking Security Dengan Teknik Hacking dan Carding, Yogyakarta : Andi, 2013.
Izza Ashsifa, “Pengaruh Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan Niat Penggunaan Mobile Banking Secara Berkelanjutan (Privasi Dan Personalisasi Sebagai Variabel Moderasi),” vol. 3, no. 1, 2020
W.H. Delone and E.R. Mclean, “Information Systems Success: The Quest for The Dependent Variable. Information System Research,” vol. 3, no. 1, pp. 60-95, 1995.
W.H. Delone and E.R. Mclean, “The DeLone and McLean Model of Information System Success: A Ten-Year Update,” Journal of Management Information System., vol. 19, no. 4, pp. 9-30, 2003.
H. M. Jogiyanto, Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi, Yogyakarta: Andi, 2007.
I. Ghozali dan H. Latan, Konsep, Teknik, Aplikasi Menggunakan SmartPLS 3.0. Untuk Penelitian Empiris, Semarang : BP Undip. 2015.