##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Analisis Peran Desain User Interface Aplikasi Mobile Maxim Menggunakan Metode A/B Testing

Abstract

Penelitian ini menyoroti peran strategis User Interface dalam mempengaruhi perilaku pengguna aplikasi mobile Maxim. Adanya desain User Interface yang berkualitas dapat meningkatkan jumlah pengguna dan potensi transaksi layanan aplikasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan dan menguji peran desain User Interface terhadap kepuasan pengguna aplikasi mobile Maxim yang dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan pengukuran kepuasan pengguna berdasarkan dimensi Content dan Format EUCS dan metode A/B testing. Hasil pengukuran dimensi Content dan Format memiliki nilai rata-rata 3,40 dan 3,29, termasuk kategori "Cukup Puas". Sementara itu hasil A/B testing terhadap 7 tampilan User Interface dimenangi oleh desain rekomendasi peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa desain rekomendasi peneliti lebih memenuhi kebutuhan atau memuaskan pengguna daripada desain User Interface aplikasi mobile Maxim saat ini.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
F. R. Tampubolon and D. Husrizal Syah, “Analisis Peran Desain User Interface Aplikasi Mobile Maxim Menggunakan Metode A/B Testing”, simkom, vol. 9, no. 2, pp. 172-183, Jul. 2024.

References

V. Sharma and A. K. Tiwari, “A Study on User Interface and User Experience Designs and its Tools,” World J. Res. Rev., vol. 12, no. 6, pp. 41–44, 2021, [Online]. Available: https://www.wjrr.org/a-study-on-user-interface-and-user-experience-designs-and-its-tools.

R. Basatha, A. Kristianto, T. Rahmawati, B. Adiwena, N. T. Hariyanti, and A. Wirapraja, UI / UX Design : Panduan , Teori dan Aplikasi. 2022.

AppBrain, “Maxim — order taxi, food,” 2024. https://www.appbrain.com/app/maxim-order-taxi-food/com.taxsee.taxsee.

L. L. Tampubolon, “Pengaruh Fasilitas, Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap kepuasaan Pelanggan Pengguna Jasa Maxim Di Kota Batam,” Universitas Putra Batam, 2021.

Y. Aziati, “Analisis Pengaruh User Experience Terhadap Kepuasan Pengguna Mobile Application E-Commerce Shopee Menggunakan Model Delone & Mclean,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2020.

M. Z. Yang and J. I. Sihotang, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap User Interface Aplikasi E-Commerce Shopee Menggunakan Metode EUCS di Jakarta Barat,” Informatics Digit. Expert, vol. 4, no. 2, pp. 53–60, 2023, doi: 10.36423/index.v4i2.1110.

R. M. A. Surya, D. C. Ramdani, I. Imaman, and A. Amrulloh, “Analisis Peran Desain Ui Terhadap Kepuasan Pengguna Di Website Tokopedia,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 7, no. 2, p. 251, 2023, doi: 10.26798/jiko.v7i2.835.

B. A. Hananto, E. Melini, A. Zulkarnain, and J. Kotandi, “Uji Coba Metode A/B Testing dalam Proses Desain (Objek Eksperimen: Visual Tampilan Permainan Digital Acaraki),” Gestalt, vol. 4, no. 1, pp. 1–16, 2022, doi: 10.33005/gestalt.v4i1.109.

S. W. H. Young, “Improving Library User Experience with A/B Testing: Principles and Process,” Weav. J. Libr. User Exp., vol. 1, no. 1, 2014, doi: https://doi.org/10.3998/weave.12535642.0001.101.

A. Bisma, F. Lutfi, and H. Adam, “Evaluasi dan Perbaikan User Interface Aplikasi Mobile GOBIS Suroboyo Bus berdasarkan Usability Testing menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Kompute, vol. 5, no. 10, pp. 4591–4601, 2021, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

U. Fitriyani and Nuryanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Desain Antarmuka Aplikasi Whatsapp,” J. Alih Teknol. Komput., vol. Vol. 4, no. 1, 2023.

Istiqomah Rahmatul Ria Hardani, Auliya Hikmatul Nur, Andriani Helmina, Fardani Asri Roushandy, Ustiawati Jumari, Utami Fatmi Evi, Sukmana Juliana Dhika, Buku Metode Penelitian Kualitatif, vol. 5, no. 1. 2023.

W. J. Doll and G. Torkzadeh, “The Measurement of End-User Computing Satisfaction,” MIS Q., vol. 12, no. 2, pp. 259–274, Jun. 1988, doi: 10.2307/248851.

D. Siroker and P. Koomen, A/B Testing: The Most Powerful Way to Turn Clicks Into Customers. Wiley, 2013.

N. Salsabila, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Maxim Dengan Menggunakan Model End-User Computing Satisfaction (Eucs), ”Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2023.

J. S. Marhamah, Zahara, Putri Fhadhillah,Raudhatul Aura, Devi Sintia, “Pengaruh Desain Grafis Terhadap Human Dan Computer Interaction Dalam Aplikasi Website,” TECHSI-Jurnal Tek. Inform., vol. 14, no. 2, pp. 136–143, 2023, doi: https://doi.org/10.29103/techsi.v14i2.14147.