##plugins.themes.academic_pro.article.main##

Rancang Bangun Visual Novel Game Sebagai Media Pengenalan Interview Kerja

Abstract

Proses rekrutmen pekerjaan semakin kompetitif, dan wawancara kerja menjadi bagian penting dalam seleksi karyawan. Maka dari itu, pelamar kerja perlu mempersiapkan dan mengenal wawancara kerja. Pada umumnya, pembelajaran untuk mengenalkan interview kerja masih menggunakan buku pedoman, video, dan lain-lain. Game dianggap sebagai alternatif media pembelajaran interaktif. Game diharapkan dapat memberikan simulasi wawancara, memperkenalkan konsep interview kerja, dan memberikan umpan balik langsung terhadap keputusan yang diambil pelamar. Visual Novel Game dibangun dengan menggunakan metode Game Development Life Cycle. Metode penelitian Research and Development (R&D) digunakan dengan subjek penelitian 33 orang. Evaluasi uji coba pada data pengukuran dari kuesioner memperoleh hasil bahwa pengukuran terhadap minat yang terbangun rata-rata sebesar 80,90%, SUS sebesar 81,21%, Game experience sebesar 81,51%, Net promotor score sebesar 86,66%, dan after game experience sebesar 80,66%. Hasil pengukuran ini menegaskan bahwa pemain memiliki minat yang baik untuk melihat interview kerja diterapkan dalam game dan tanggapan yang sangat baik secara keseluruhan.

##plugins.themes.academic_pro.article.details##

How to Cite
[1]
H. B. Setiawan, R. A. Sukamto, and Y. A. Hambali, “Rancang Bangun Visual Novel Game Sebagai Media Pengenalan Interview Kerja”, simkom, vol. 10, no. 1, pp. 87-100, Jan. 2025.

References

Anoraga, P. (1998). Psikologi kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Sandroto, C. W. (1999). Wawancara sebagai salah satu alat seleksi. Bina Ekonomi, 3(2). https://journal.unpar.ac.id/index.php/BinaEkonomi/article/view/521/0

Rae, Leslie, Wasana, A. Jaka, Kristiwati, Rosa. (1992). Keterampilan Mengadakan Wawancara: Pedoman Untuk Manajer Dan Pelatih . Jakarta: Binarupa Aksara.

Ivancevich, J, M. 2015. Human Resource Management. New York : McGraw-Hill Education

Khasanah, F. N., Murdowo, S., Informatika, T., Bina, U., `Beta, P., & Fungsional, P. N. (2019). Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi. 83–89. http://amikjtc.com/jurnal/index.php/jurnal/article/view/174

Egenfeldt-Nielsen, S. (2006). Overview of research on the educational use of video Games. Digital Kompetanse, 1(3), 184-213. https://www.idunn.no/doi/full/10.18261/ISSN1891-943X-2006-03-03

Munandri, D. R. (2012). Pembuatan Visual Novel dengan Cafe Minigame Menggunakan Ren'py. Unpublished thesis]. Yogyakarta: STMIK AMIKOM Yogyakarta. https://eprints.amikom.ac.id/id/eprint/14646/

Ramadan, R., & Widyani, Y. (2013, September). Game development life cycle guidelines. In 2013 International Conference on Advanced Computer Science and Information Systems (ICACSIS) (pp. 95-100). IEEE. https://ieeexplore.ieee.org/abstract/document/6761558

Lipaw, C. J., Sofian, T., & Rochadiani, T. H. (2024). Pengembangan Game Visual Novel Sebagai Media Promosi dan Pengenalan Kampus Menggunakan Game Development Life Cycle. 4(1), 17–27. https://journal.umkendari.ac.id/index.php/decode/article/view/214

Dessler, Gary. Manajemen Sumber Daya Manusia. 2006. Klaten: PT Intan Sejati.

Rynes, S.L., Heneman, H.G. III & Schwab, D.P. (1980). Individual reactions to organizational recruiting: A review. P rson I P 10 ll, 529-542. https://onlinelibrary.wiley.com/doi/abs/10.1111/j.1744-6570.1980.tb00481.x

Gomez-Mejia, Luis R., Baikin, David B. dan Cardy, Robert L. 1992 Managing Human Resources, Prentice-Hall Inc., New Jersey.

Hartawati, A. D. (2022). Apa Sih Yang Dinilai Saat Interview Melamar Kerja? Diakses 03 Mei 2023 dari https://binus.ac.id/binusian-journey/2022/03/08/apa-sih-yang-dinilai-saat-interview-melamar-kerja/

Ernest Adams, Fundamental Of Game Design 2nd edition, 2010 https://www.academia.edu/81247135/Fundamentals_of_game_design

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Giovanna Medde (2022). GAmifIcation for Memorable tourist experienceS. enicbcmed.eu. Diakses 4 November 2024 dari https://www.enicbcmed.eu/projects/med-gaims

Taherdoost, H. (2019). What is the best response scale for survey and questionnaire design; review of different lengths of rating scale/attitude scale/Likert scale. Hamed Taherdoost, 1-10. https://papers.ssrn.com/sol3/papers.cfm?abstract_id=3588604

Nesbit, J. C., Belfer, K., & Leacock, T. (2003). Learning object review instrument (LORI). E-learning research and assessment network, 33-68. https://www.academia.edu/7927907/Learning_Object_Review_Instrument_LORI_

Husniah, L., Pratama, B. F., & Wibowo, H. (2018). Gamification And GDLC (Game Development Life Cycle) Application For Designing The Sumbawa Folklore Game ”The Legend Of Tanjung Menangis (Crying Cape)”. Kinetik: Game Technology, Information System, Computer Network, Computing, Electronics, and Control, 3(4), 351–358. https://doi.org/10.22219/kinetik.v3i4.721

Teguh Martono, K. (2015). Pengembangan Game dengan Menggunakan Game Engine Game Maker. Jurnal Sistem Komputer, 5(1), 23-30.

Arianti, A. S., Pamungkas, G. Z., Hambali, Y. A., Anisyah, A., & Supriadi, O. A. (2024). Designing Rpg-Based Education Game With Discovery Learning Model For Vocational High School. Journal of Engineering Science and Technology, 19(3), 911-925.